10 Cara Menanam Serta Merawat Bunga Mawar di Pot


10 Cara Menanam Serta Merawat Bunga Mawar di Pot
10 Cara Menanam Serta Merawat Bunga Mawar di Pot
10 Cara Menanam Serta Merawat Bunga Mawar Bagi Pemula – Bunga mawar sering digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada orang terdekat. Warna bunga mawar merah dianggap sebagai perwujudan dari rasa sayang seseorang. Namun pada saat ini orang hanya senang dengan warnanya tanpa tahu cara menanamnya. Menanam bunga mawar tidak semudah kita membelinya di toko bunga. Apabila teknik yaang digunakan salah maka bunga mawar akan mati. Mawar dapat ditanam pada tanah, polybag, maupun di pot. Namun pada ulasan kali ini admin akan menjelaskan cara menanam bunga mawar di pot. 

Bunga mawar dapat diperbanyak melalui biji, stek dll. Untuk perbanyakan dengan biji, anda dapat mendapatkan benih mawar di toko-toko pertanian terdekat. Caranya memang tidak mudah namun tidak susah juga, hanya dibutuhkan ketelatenan untuk merawat tanaman mawar yang anda tanam agar hasil yang didapat akan sesuai dengan yang diharapkan. Pilihlah bibit mawar yang telah berlabel “they are already stratified”  itu tandanya biji yang anda beli telah di stratifikasi.

Setelah benih didapat mari kita mulai menanam bunga cinta ini!! Persiapan awal untuk mulai menanam adalah sediakan gelas /cangkir  yang terbuat dari plastik berikan lubang pada bagian bawahnya sekitar 2-3 lubang kecil dibawah gelas. Hal ini agar akar bunga mawar dapat tumbuh dan juga drainase dapat sempurna. Setelah itu siapkan media tanam. masukkan media tanam tanah hitam berhumus dengan campuran arang sekam perbandingan 1:1 . 

Langkah berikutnya adalah menanam biji tersebut ke media tanam yang telah disiapkan. Tanam biji dengan kedalaman 0,5 cm kedalam media tanam lalu uruk kembali dengan tanah. Setelah itu siram tanaman agar media tanam tetap terjaga kelembabannya. Suhu yang tebaik untuk tanaman mawar adalah 17-21 derajat  celcius. Cahaya matahari juga berperan penting dalam pertumbuhan bibit bunga mawar. Kebutuhan bibit akan cahaya matahari adalah 6-7 jam sehari, disarankan untuk cahaya matahari yang baik adalah pagi sampai siang hari. lihat Jenis-jenis bunga mawar disini

Biji yang ditanam telah berumur sekitar 3-4 minggu akan tumbuh daun 3-4 helai. Setalah itu tahap selanjutnya adalah pindahkan bibit yang ada pada media gelas tadi ke pot yang lebih besar di halaman. Tips ketika memindahkan bibit bunga mawar adalah ketika pagi atau sore hari ketika matahari belum/sudah tidak terlihat. Sebab bibit yang akan dipindahkan ke pot harus tetap dijaga kelembabannya. Lubangi pot sekitar 3-5 cm sampai akar dapat masuk dengan sempurna lalu masukkan bibit kedalam media pot yang telah dilubangi. Letakkan akar dengan tegak setelah itu dilakukan tutup kembali lubang dengan tanah. Siram media tanam dengan air agar kelembaban terjaga.

Untuk pemeliharaan bibit, perlakukan bunga mawar dengan cara menyiramnya setiap pagi dan sore hari. jangan biarkan ada gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Untuk pemupukan berikan kompos dengan takaran kira-kira segenggam ketika tanaman telah berumur 1 bulan HST.
Apabila langkah-langkah yang kami berikan telah dilakukan insyaallah jika tuhan memberkati bunga mawar yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan rumah anda akan dipenuhi dengan cinta hehehe.

Previous
Next Post »

Post Comment