125 Tips dan Cara Mudah Budidaya Ikan Mas

125 Tips dan Cara Mudah Budidaya Ikan Mas
125 Tips dan Cara Mudah Budidaya Ikan Mas

 

125 Tips dan Cara Mudah Budidaya Ikan Mas – Siapa yang tidak tahu ikan mas, ikan yang memiliki tekstur daging yang lembut dan duri yang banyak ini. Ikan mas saat ini sudah sangat banyak dibudidayakan dimana-mana, permintaan ikan mas pun terus meningkat untuk konsumsi domestic bahkan ekspor.

Dari pasar domestik pemenuhan permintaaan ikan mas bukan hanya datang dari konsumsi rumah tangga, namun dewasa ini sudah banyak rumah makan dan restauran yang menjadikan ikan mas sebagai menu utama. Hal tersebut sontak melambungkan permintaan akan ikan mas, oleh sebab itu sekarang banyak orang terjun untuk membudidayakan komoditi yang satu ini.
Langsung saja tanpa bertele-tele mari kita simak langkah-langkah pembudidayaan ikan mas berikut ini.

 

Persiapan kolam

Pada budidaya ikan mas kali ini yang akan digunakan adalah jenis kolam tanah dengan dinding kolam yang sudah disemen. Untuk ukuran sendiri dapat menyesuaikan luas lahan tempat budidaya. Pada langkah awal persiapan kolam, kolam dikeringkan untuk membunuh sisa-sisa mikroorganisme yang merugikan seperti patogen, jamur dll. 

Kolam dibiarkan kering selama 5-7 hari. lalu setelah itu dilakukan pengapuran untuk menyesuaikan tingkat keasaman air dan tanah pada kolam. Setelah dilakukan pengapuran, tahap berikutnya adalah pemupukan. Pemupukan dapat menggunakan kombinasi urea dan TSP serta pupuk organic sebagai pupuk dasar. Pemupukan dilakukan agar dapat memberikan kesempatan hidup bagi organisme tanah.

      Pengisian air kolam

Setelah semua tahap diatas terpenuhi maka masuk ke tahap pengisian air kolam. Pertama isi air kolam sampai ketinggian 50 cm lalu biarkan sampai 7 hari lamanya, hal ini bertujuan agar plankton dapat tumbuh dan berkembang sebab plankton dan mikroorganisme lainnya dapat menjadi makanan alami bagi ikan mas.

Setelah 7 hari lalu isi air lagi sampai ketinggian 120-150 cm. suhu air harus dijaga sebab suhu air yang kurang baikk akan menimbulkan banyak resiko bagi kehidupan ikan mas nantinya. Suhu air idela untuk ikan mas adalah 15-18 derajat celcius. Suhu air yang berubah ubah  dipengaruhi oleh cahaya matahari, suhu udara, lokasi dan cuaca.


Penebaran benih

Waktu terbaik untuk menebarkan benih ikan adalah jam 3-5 sore. Namun sebelum benih di tebar dilakukan proses adaptasi terlebih dahulu dengan cara pindahkan benih kedalam bak yang sudah  berisi air, lalu biarkan selama 60menit. Setelah itu baru benih bisa ditebar kekolam. Untuk ukuran benih diharapkan sama agar pertumbuhan ikan mas merata.

Pemilihan benih unggul

Ada beberapa ciri benih ikan mas yang unggul, yakni:

  • Ukuran benih yang akan ditebar sama/seragam
  • Benih ikan selalu bergerak aktif dan agresif
  • Mata cerah
  • Warna tubuh cerah


5    Pengelolaan pakan

Pemberian pakan dilakukan pada hari ke 3 setelah penebaran benih. Pelet tidak diberikan pada hari  pertama dan ke 2 sebab pada awal-awal masa penebaran masih banyak makanan alami yang terdapat pada kolam. Lalu setelah hari ke 3 barulah pemberian pakan pelet dilakukakan, pelet yang diberikan harus mengandung 20% protein 15% karbo dan 22% lemak. Pelet yang diberikan ke ikan sebelumnya harus direndam pada air hangat agar ketika dimakan oleh ikan pelet  tidak mengembang diperut.
Pemberian pakan dilakukan 3x sehari pagi , siang menjelang sore, dan malam hari.


      Pengelolaan air

Pengelolaan air harus dilakukan dengan disiplin sebab air harus diganti setiap 2 minggu sekali apabila tidak tepat waktu akan banyak tumbuh bibit-bibit penyakit dikolam. Penggantian air dilakukakan dengan mengganti 1/3 air  kolam lalu diisi kembali. pH air pun perlu terus diperhatikan agar pertumbuhan ikan mas tidak terganggu.


      Panen

Ikan mas dapat dipanen ketika beratnya sudah mencapai 300-400 gram/kg. untuk mencapai bobot tersebut membutuhkan waktu 90-120 hari.


Previous
Next Post »

Post Comment