17 Cara Mudah Menanam Durian Agar Cepat Berbuah

17 Cara Mudah Menanam Durian Agar Cepat Berbuah
17 Cara Mudah Menanam Durian Agar Cepat Berbuah

17 Cara Mudah Menanam Durian Agar Cepat Berbuah – Siapa yang tak mengenal buah dengan kulit berduri keras ini. Rasanya yang khas dengan aroma yang nikmat mampu membuat orang yang memakannya ketagihan. Buah durian banyak dijuluki orang sebagai raja buah,  mengapa? Selain rasanya yang nikmat buah durian harganya cukup mahal selain itu tampilan dari buah durian pun sangat mengerikan karena buahnya yang legit itu tertutupi oleh kulitnya yang tajam. Saat musim durian tiba banyak orang yang keluar kedaerah hanya untuk memburu buah yang satu ini seakan-akan buah ini telah menjadi primadona dikalangan pecinta kuliner.

Budidaya buah durian sudah banyak dikembangkan banyak orang. Jenisnya pun sudah banyak sekali. Salah satu jenis durian yang terkenal adalah jenis durian montong yang memang memiliki rasa yang begitu nikmat. Tetapi karena rasa yang enak orang banyak berinisiatif untuk menanamnya dirumah, namun apa yang terjadi? Buah durian tidak dapat berbuah dengan baik, bahkan banyak juga tanaman yang mati. Oleh karena itu disini akan diperjelas tentang bagaimana menanam buah durian agar cepat berbuah. Langsung saja kita simak!!

Buah durian termasuk buah yang sulit dibudidayakan. Namun itu tidak menutup kemungkinan bagi anda yang ingin menanam durian dirumah dapat sukses menikmati durian di pekarangan rumah anda. Durian baru dapat berbuah pada usia 4,5-5 tahun. Namun sekarang sudah banyak buah durian dari bibit unggul yang mampu berbuah lebih cepat. Ada beberapa faktor yang menghambat buah durian berbuah.
Baca Juga: Jenis-jenis Durian yang cepat berbuah

1.   Buah durian kekurangan sinar matahari

Buah yang satu ini memerlukan pancaran matahari penuh sekitar 10-12 jam sehari. jika tanaman menerima cahaya matahari kurang dari lama yang dibutuhkan maka tanaman akan terganggu pertumbuhannya. Durian akan tumbuh dengan baik pada tempat dengan intensitas cahaya matahari 40-50%. Tanaman durian dapat tumbuh subur pada ketinggian 0-700 mdpl. Sebab pada dataran rendah cahaya matahari lebih lama masa penyinarannya ketimbang dataran tinggi.

2.   Jenis Tanah

Jenis tanah yang paling baik untuk durian adalah jenis tanah gromosol dan ondossol. Tanah tersebut memiliki daya ikatan air yang tinggi sebab struktur tanah pada jenis tanah tersebut berbutir-butir sedangkan pada bagian bawah tanah menggumpal. Tanah dengan keasaman pH 5-7,5 . Durian dapat tumbuh baik asalkan tidak ditanam pada tanah lempung berliat karena pada tanah tersebut akar tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

3.   Persediaan air tanah

Durian termasuk tanaman yang memiliki akar tunggaang, akar durian mampu tumbuh hingga kedalaman 3 meter. Akar durian akan terus tumbuh mencari air, maka dari itu pilihlah lahan  yang akan ditanami durian memiliki persediaan air tanah pada kedalaman 0,5-3 meter.

4.   Umur berbuah berdasarkan bibit

Buah durian hasil perbanyakan dengan biji baru mampu berbuah pada umur 10-12 tahun sedangkan durian yang berasal dari okulasi baru dapat menghasilkan buah pada umur 7-8 tahun. Namun untuk bibit durian unggul dapat berbuah pada umur 5 tahun bahkan 4,5 tahun sudah dapat berbuah apabila tanaman menerima perlakuan yang baik.

5.   Pengairan

Tanaman akan berbunga pada saat akhir musim kemarau namun lalu pada awal musim penghujan tanaman akan berbuah. Disarankan pada saat tanaman mulai berbuah, lakukanlah penyiraman dengan frekwensi 3-4 kali seminggu. Apabila tanaman kekurangan air maka buah atau calon buah akan rontok.
6.   Pentingnya unsur hara mikro

Bukan hanya durian, banyak tanaman yang apabila kurang mendapatkan pasokan unsur hara mikro akan sulit berbuah. Tanaman durian sangat membutuhkan Fe,Mg dan Zn. Agar pertumbuhan dapat maksimal.

Nah itu tadi sobat artikel tentang cara mudah menanam durian agar cepat berbuah. Jika artikel ini anda pahami dengan baik. Maka tanaman durian anda akan dapat berbuah asalkan semua aturan anda ikuti. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya!
Previous
Next Post »

Post Comment