Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag

Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag
Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag

Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag – Walaupun bentuknya buah namun tomat digolongkan sebagai sayuran. Tomat adalah salah satu sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Dewasa ini teknik budidaya tomat sudah beragam dari budidaya pada lahan terbuka, vertikultur, hidroponik dsb. Namun pada arikel kali ini saya akan membahas tentang cara menanam tomat dalam polybag.


Syarat Tumbuh

  • Tomat dapat hidup pada ketinggian 0-1500 mdpl
  • pH tanah ideal untuk tomat adalah 5,5-7
  • Tekstur tanah gembur dan subur

 

Penyemaian Benih Tomat

Tahap awal untuk penyemaian adalah persiapkan media tanam berupa polybag. Tanah dan pupuk kandang di masukkan kedalam polybag sebagai media tanam penyemaian. Untuk tempat penyemaian usahakan yang terhindar dari sinar matahari dan hujan. Setelah media tanam  siap tanam benih tomat sedalam 1 cm kedalam media tanam lalu uruk kembali dengan tanah. 1 benih untuk 1 polybag.

Selanjutnya untuk penyiraman benih dilakukan pada pagi dan sore namun diharapkan ketika menyiram tanaman jangan sampai merusak permukaan semai. Kendalikan gulma yang tumbuh pada permukaan persemaian dengan cara penyiangan. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk cair, kompos atau NPK.

 

Pemindahan Bibit

Siapkan media tanam terlebih dahulu sebelum bibit dipindahkan. Media tanam terdiri dari tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 2:1;1. Selanjutnya bibit tomat bisa langsung dipindahkan kedalam polybag dengan cara cabut tomat terlebih dahulu dari polybag persemaian dengan cara siram dulu permukaan persemaian agar tanah gembur dan bibit mudah di cabut. Selanjutnya lubangi polybag dan masukkan bibit kedalam lubang tersebut dengan tegak posisi akar tidak boleh bengkok.

 

Pemeliharaan Tanaman

Sangat mudah merawat tomat yang ditanam di polybag sebab tanaman sulit terserang penyakit lewat akar. Penyiangan diperlukan untuk menjaga tanaman dari gulma. Siram tanaman setiap pagi dan sore, ketika menyiram tanaman sampai air tergenang pada permukaan media tanam, cukup dengan sedikit basah saja hal itu akan menjaga akar agar tidak busuk. Berikan ajir sebagai penopang tanaman agar tidak jatuh. Potong tunasnya yang berlebihan.

Pemupukan dilakukan 7 hari HST, cukup menggunakan pupuk kompos dengan dosis setiap polybag satu genggam. Pemupukan dapat diulangi 1 bulan berikutnya.

 

Panen dan Pasca Panen

Tomat yang sudah matang warnanya berubah menjadi agak kuning dari warna hijau. Tomat sudah dapat dipanen pada umur 90 hari, namun tidak semua tomat sudah bisa dipanen. Tomat matang secara tidak merata oleh karena itu ulangi pemanenan setiap 3 hari sekali.

Setelah tomat dipanen lakukan sortasi, kelompokan kualitas dari warna hingga besar kecilnya tomat, hal tersebut dapat memudahkan ketika tomat dijual ke pasaran.
Previous
Next Post »

Post Comment