19 Cara Sukses Budidaya Bebek Pedaging Bagi Pemula

Tips Cara Sukses Budidaya Bebek Bagi Pemula
Tips Cara Sukses Budidaya Bebek Bagi Pemula
Tips Cara Sukses Budidaya Bebek Bagi Pemula – Bebek termasuk dalam golongan hewan unggas. Saat ini permintaan terhadap unggas yang satu ini memang cukup tinggi. Selain untuk konsumsi rumahan, bebek juga banyak menjadi hidangan utama di restaurant besar hingga warung makan pinggir jalan. Bukan hanya telur bebek yang bisa dibuat telur asin hingga bahan pembuatan kue, daging bebek dapat diolah menjadi hidangan yang nikmat. 

Budidaya bebek pun tidak rumit dan susah. Kita semua tahu bahwa  unggas yang satu ini adalah hewan yang mudah diatur kemana-mana selalu berbaris dengan rapihnya. Hal ini jelas menjadi peluang usaha untuk kita semua. Mari kita simak dengan seksama Tips Cara Sukses Budidaya Bebek Bagi Pemula.
Baca Juga: Cara Beternak Ikan Nila Terbaik

1.   Jenis Bebek
Ada tiga jenis bebek yang bisa dibudidayakan, yaitu:
  • Bebek petelur: Bebek petelur merupakan salah satu jenis bebek yang banyak di budidayakan di Indonesia untuk dimanfaatkan telurnya. Telur bebek termasuk salah satu telur yang memiliki permintaan tinggi setelah telur ayam. 
  • Bebek pedaging: Bebek pedaging adalah bebek yang dimanfaatkan dagingnya. Permintaan daging bebek banyak datang dari rumah makan dan restoran serta rumah tangga. Bebek pedaging juga sangat menjanjikan untuk diternakan.
  • Serta bebek yang dipelihara berdasarkan hobi.
Untuk bebek pedaging, bibit unggulnya sudah banyak sekali dibudidayakan di Indonesia bukan hanya perusahaan yang memproduksi bibit unggul bebek, namun petani modern telah banyak yang mengetahui cara pembibitan bebek yang unggul.

2.   Lokasi budidaya

Untuk lokasi harus benar-benar diperhatikan dengan serius. Lokasi peternakan harus jauh dari pemukiman dan keramaian. Apabila lokasi dekat dengan pemukiman bukan hanya kandang bebek yang menjadi tidak kondusif namun masyarakat lingkungan juga akan merasa tidak nyaman dengan bau kotoran bebek yang menyengat. Lokasi budidaya harus berada sekitar 100 m dari pemukiman warga. Apabila terpaksa kandang bebek harus berdekatan dengan perumahan maka pemilik seharusnya meminta izin dan menjaga kebersihan kandang bebek setiap saat agar bau kotoran tidak sampai keluar kerumah warga. 

3.   Teknik budidaya

A. Kandang
Kandang dalam budidaya bebek harus memiliki beberapa kriteria antara lain adalah:
  • Kandang memiliki temperature kurang lebih 38 derajat celcius
  • Kelembaban optimal untuk bebek berkisar antara 60-70%
  • Penerangan harus disesuaikan denggan besar kandang
Untuk kandang budidaya ada tiga jenis kandang yaitu:
  1. Kandang box untuk anak bebek kapasitas maksimal 40-50 ekor
  2. Kandang brower, untuk bebek remaja. Untuk kandang ini disesuaikan dengan kelompok bebek yang akan dimasukkan ke kandang brower, kandang brower berkapasitas 16-100 ekor.
  3. Kandang baterai, ini untuk itik pada masa bertelur.

      B. Pembibitan

Bibit yang akan dibudidayakan harus bibit unggul dari indukan yang unggul pula, bisa dengan membeli indukan unggul untuk mendapatkan telurnya lalu ditetaskan sendiri. Bisa juga membeli telur dari indukan unggul lalu  ditetaskan sendiri. Dan yang terakhir bisa membeli anak itik atau DOD yang sudah terjamin kualitasnya.

C. Pemeliharaan

Diperlukan sanitasi serta tindakkan preventive untuk pencegahan munculnya penyakit yang akan menyerang bebek.

1. Kontrol kesehatan
Kontrol selalu kesehatan bebek, apabila ada beberapa bebek yang sakit harus seera di bawa keruangan isolasi untuk di tindak lanjut serta menjaga agar bebek lain tidak tertular.

2. Pengelolaan pakan
Jenis pakan bebek ada beragam, dari mulai jagung, dedak, bungkil padi dll. Untuk memberikan pakan, pakan sebaiknya diatur menunya bisa setiap hari dengan mengganti menu yang berbeda agar bebek dapat tumbuh dengan baik dan tak mengalami stres.
Untuk pemberian pakan dibagi pada beberapa golongan usia:
  • Umur 1-2 minggu 50 gram/ekor/hari
  • Umur 3-4 minggu 80 gram/ekor/hari
  • Umur 5-8 minggu 100 gram/ekor/hari
  • Umur 9-10 minggu 120-160 gram/ekor/hari
3. Pengendalian penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang bebek, diantaranya:

A. Feses kapur
Cara mencegahnya dengan menjaga kebersihan kandang, makanan hingga peralatan yang ada didalam kandang. 

2.   Cacingan
Bebek yang terjangkit penyakit ini ditandai dengan kurangnya nafsu makan, mencret, kurus. Untuk cara pencegahan sama dengan cara pada poin a.

3.   Lumpuh
Kelumpuhan disebabkan karena bebek kekurangan vit B. apabila bebek terjangkit penyakit ini biasanya kaki bebek akan bengkak, jalannya tidak seimbang mata sayu. Pencegahannya dengan memberikan sayuran setiap satu hari sekali.

D.  Panen dan Pasca Panen

Panen bebek setelah umur 10-12 minggu, ketika bebek berumur tersebut bebek sudah bisa dimanfaatkan dagingnya dengan maksimal. 
Untuk pasca panennya daging bebek bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti bebek bakar, bebek goreng dsb. Untuk bulu dapat dijual ke pengepul bulu bebek untuk dijadikan kerajinan seperti kok badminton.

Semoga artikel diatas dapat membantu anda yang berniat untuk membudidayakan dan beternak bebek. Jika artikel tentang 19 Cara Sukses Budidaya Bebek Pedaging Bagi Pemula kurang membantu maka silahkan anda mengisi pertanyaan dikolom pertanyaan. Sampai jumpa dan semoga sukses!
Previous
Next Post »

Post Comment