101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

 
101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil
101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil


101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil – Buah naga atau dalam bahasa latinnya Hylocereus undatus buah ini diduga berasal dari benua Amerika tepatnya di Amerika Tengah. Buah naga termasuk jenis tanaman buah kaktus. Budidaya buah naga saat ini sudah banyak tersebar di beberapa Negara Asia termasuk Indonesia. Manfaat dari buah naga merah sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat buah naga mereah yang paling terkenal adalah sebagai asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Khasiat buah naga untuk kesehatan manusia cukup banyak. Beberapa khasiat dan manfaat buah naga merah antara lain mampu mengobati kanker, mempercantik penampilan kulit, mambu menyembuhkan penyakit diabetes, mencegah osteoporosis, mengobati darah tinggi, menjaga kesehatan jantung dan lain sebagainya. Khasiat dari buah naga bukan hanya itu saja, sudah dijelaskan diatas bahwa manfaat buah naga merah juga dapat menjadi asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Beberapa manfaat buah naga merah untuk ibu hamil adalah:

Sebagai sumber energi yang baik untuk ibu hamil


101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Kandungan karbohidrat didalam buah naga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Konsumsi buah naga saat masa kehamilan sangatlah dianjurkan oleh banyak ahli medis. Kadar karbohidrat dalam buah naga merah lumayan tinggi yaitu dari 100 gr buah naga mengandung 10-14 gr karbohidrat.

Buah naga mengandung folat sebagai nutrisi penunjang pembentukan sel darah merah


101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Folat sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil. Wanita yang sedang dalam masa kehamilan tidak boleh kekurangan folat karena jika kekurangan folat akan menghambat pertumbuhan sel darah merah pada bayi. Jika sampai menjelang masa kehamilan ibu hamil masih kekurangan folat, yang akan terjadi adalah bayi yang dilahirkan kemungkinan besar akan cacat tabung saraf atau cacat pada saraf.

Buah naga dapat melancarkan pencernaan

Serat adalah nutrisi yang sangat berperan  untuk melancarkan pencernaan. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga karena pada buah naga terkandung serat yang cukup banyak. Kebutuhan ibu hamil akan serta adalah 26-28 gram/hari. Serat yang terkandung dalam buah naga mencapai 0,9 gram/buah. untuk memenuhi kebutuhan seratnya ibu hamil dapat mengkonsumsi buah lainnya seperti pisang dan pepaya.

Zat besi pada buah naga dapat membantu pertumbuhan sel darah merah

101 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Masalah yang biasa menghantui para ibu hamil salah satunya adalah kekurangan sel darah merah utuk tubuh. Sel darah merah adalah sarana transportasi oksigen agar dapat tersebar keseluruh  tubuh. Telah banyak diketahui, janin sangat membutuhkan pasokan oksigen yang cukup dalam pertumbuhannya. konsumsi buah naga secara rutin dapat membentuk  sel darah merah yang lebih banyak dan lebih baik. kadar zat besi pada setiap buah naga adalah 0,56 zat besi.

Konsumsi buah naga dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Pada buah naga terkandung antioksidan didalamnya yang mana berfungsi dalam menjaga imun tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari serangan penyakit. Antioksidan sangatlah baik dikonsumsi secara rutin karena pada masa pertumbuhan apabila ibu hamil tidak menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi antioksidan maka akan berdampak pada kesehatan janin.



Previous
Next Post »

Post Comment