101 Pakan Alternatif untuk Ikan Nila

101 Pakan Alternatif untuk Ikan Nila – Dalam budidayanya ikan nila termasuk jenis ikan pemakan segalanya atau yang biasa disebut omnivora. Ikan nila dapat tumbuh dengan baik dengan memakan apapun yang terdapat di dalam kolam. Saat ikan nila masih berbentuk benih, ikan nila memakan plankton dan jasad-jasad mikro yang terdapat di dasar kolam. Namun agar dapat berkembang dengan baik ikan nila harus diberikan makanan tambahan yang kaya akan protein.
101 Pakan Alternatif untuk Ikan Nila
101 Pakan Alternatif untuk Ikan Nila
Pemberian kuning telur biasanya diterapkan ketika pembenihan ikan nila. Hal tersebut sudah banyak diterapkan para peternak ikan nila karena dapat menekan biaya pembelian pakan apalagi saat ini harga pakan ikan yang sedang melambung tinggi. Ketika ikan nila telah berumur 4 bulan setelah pemijahan ikan nila sudah siap untuk dibesarkan. Pada proses pembesaran ada banyak hal yang perlu diperhatikan terutama pemberian pakan yang berkualitas. Namun saat ini harga pakan berkualitas cukup tinggi sehingga membuat banyak petani putar otak untuk menyiasatinya. Nah pada artikel kali ini admin akan memberikan informasi penting sebagai alternatif dari masalah yang telah disebutkan sebelumya.
Baca Juga Cara Pembenihan Ikan Nila Terbaik

Pakan Utama Ikan Nila

Budidaya pembesaran ikan nila pada umumnya memberikan pakan berupa pelet seperti tipe FF999, tipe 781 SP, dan 781-2. Jenis-jenis tersebut diberikan sebagai pakan utama untuk ikan nila. Pemberian pakan dilakukan setiap hari dengan frekuensi 3 kali sehari.
Pemberian pakan ikan nila memang tidak bisa terlepas dari pemberian pelet sebagai pakan utama. Namun agar ikan nila dapat berkembang dengan baik, ikan nila harus diberikan pakan tambahan. Pada artikel ini admin tidak akan menjelaskan tentang pakan ikan nila yang resmi diperjual belikan di pasaran. Namun admin akan membahas pakan tambahan alternatif untuk ikan nila.

Pakan Alternatif untuk Ikan Nila

Pemberian pakan alternatif untuk ikan nila bertujuan untuk menekan biaya pembelian pakan pelet yang cukup mahal. Dengan menggunakan pakan alternatif, peternak dapat lebih menekan biaya pembelian pakan dan biaya tersebut dapat dialihkan untuk berbagai kebutuhan budidaya lainnya.

Azzola

101 Pakan Alternatif untuk Ikan Nila
101 Pakan Alternatif untuk Ikan Nila
Azzola adalah tumbuhan paku air dari suku Azzollaceae yang merupakan tumbuhan mengapung dari suku tersebut. Penggunaan azzola sebagai pakan ikan memang belum banyak diketahui oleh para peternak ikan. Padahal penggunaan azzola untuk pakan ikan nila cukup menjanjikan selain dapaat menekan biaya pembelian pelet, azzola juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan nila. Kandungan gizi tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat. Kandungan gizi terbesar dari azzola adalah protein yaitu sebanyak 33%.  Azzola dapat diberikan untuk berbagai  jenis ikan seperti nila, gurame, tawes patin dan bawal.

Ampas Kelapa
Salah satu limbah rumah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ikan nila adalah ampas kelapa. Ampas kelapa mengandung protein dan zat gizi lainnya yang baik untuk pertumbuhan ikan  nila. Pengaplikasian ampas kelapa dapat diberikan langsung ataupun melalui proses fermentasi terlebih dahulu.

Limbah Sayuran
Limbah sayuran dapat digunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan nila. Pemberian limbah sayuran untuk ikan nila terbilang cukup efektif untuk menekan biaya produksi karena hampis setiap rumah tangga pasti memiliki limbah sayuran. Pemanfaatan tersebut dapat memberikan dampak positif untuk pertumbuhan ikan nila nantinya. Pemberian limbah sayuran untuk ikan nila dapat digunakan hingga 20%.

Limbah Roti
Limbah roti bisa diperoleh dari sisa rumah tangga. Namun limbah roti terbanyak terdapat pada café-café serta tempat nongkrong anak muda lainnya yang menyediakan menu roti. Biasanya roti yang sudah basi akan dibuang, daripada limbah roti tersebut alangkah bainya jika diberikan sebagai pakan alternatif untuk ikan nila.

Nah itulah beberapa pakan alternatif untuk ikan nila yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk budidaya ikan nila. Sedikit saran untuk peternak ikan nila, pakan alternatif yang telah admin sebutkan diatas hayalah bersifat sebagai alternatif saja dan bukan untuk dijadikan sebagai pakan utama. Pelet sebagai pakan utama ikan perannya tidak dapat digantikan dengan pakan alternatif yang telah disebutkan diatas. Maka dari itu berikan pakan alternatif kepada ikan hanya pada saat anda kekurangan modal untuk membeli pelet dan juga digunakan sebagai variasi pakan agar ikan nila tidak bosan dengan pemberian pelet.

Baca Juga:
Previous
Next Post »

Post Comment