1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya


1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya – Tanaman obat keluarga atau disingkat TOGA adalah tanaman yang di tanam untuk di manfaatkan sebagai obat. Saat ini  tanaman obat keluarga banyak ditanam di setiap dilingkungan terutama di pedesaan. Namun saat ini juga sudah banyak orang yang menyadari tentang manfaat toga bagi kehidupan sehingga semakin banyak orang yang menanamnya di halaman rumah untuk kebutuhan pribadi serta keluarganya.

Manfaat tanaman obat keluarga sendiri sangat banyak terutama dalam kemandirian pengobatan keluarga. Keluarga yang menanam tanaman di sekitar halaman rumahnya jelas sudah mengurangi biaya untuk pembelian obat kimia di warung dan di apotek. Penyakit ringan seperti flu, batuk, demam sangat mudah diobati dengan memanfaatkan tanaman obat. Tanaman obat juga tidak memiliki efek  samping sebesar efek samping pada obat-obatan kimia sehingga baik untuk di konsumsi.

Tanaman obat dapat disebut juga tanaman herbal adalah jenis tanaman yang memiliki berbagai jenis serta manfaat tentunya. Sebenarnya tidak  ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, maka dari itu saat ini banyak ilmuwan yang melakukan penelitian pada tanaman herbal untuk menemukan obat yang dapat mengobati penyakit tertentu. Penyakit kelas ringan hingga yang sulit disembuhkan sebenarnya dapat di sembuhkan dengan tanaman herbal apabila anda mengerti tentang jenis, manfaat serta penggunaannya. Untuk lebih lanjutnya akan kita simak pada ulasan berikut ini.
Baca Juga: 1902 Tanaman Herbal Obat Asam Urat

Belimbing  
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Siapa yang tak mengenal belimbing,  saya rasa semua orang sudah tau dengan buah berwarna kuning yang berbentuk bintang ini. Buah belimbing sebenarnya bukan sekedar buah melainkan didalamnya terkandung banyak  manfaat untuk kesehatan manusia. Di dalam buah belim terkandung banyak vitamin terutama vitamin C,A dan B serta kalium dan lain-lain. Konsumsi buah belimbing secara rutin dapat menjadi obat kolesterol tinggi serta dapat menurunkan darah tinggi. Kita telah tahu bahwa kedua penyakit tersebut adalah awal dari timbulnya penyakit  yang lebih berbahaya seperti serangan jantung, stroke  dan lain sebagainya.

Daun Dewa
Daun Dewa adalah daun  yang memang sudah jarang ditemukan khususnya diperkotaan. Namun daun ini masih cukup banyak terdapat di pedesaan. Daun dewa banyak dimanfaatkan sebagai bahan minyak atsiri. Selain itu daun dewa juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti stroke, darah tinggi serta dapat mengobati luka memar akibat benturan keras.
Baca Juga: Manfaat lebih banyak dari daun dewa yang menakjubkan

Tanaman Jarak
Tanaman jarak adalah tanaman herbal selanjutnya yang dapat dimanfaatkan hampir seluruh bagian tanamannya. Akar jarak dapat  mengobati rematik  serta dapat memberikan efek ketenangan bagi yang  mengkonsumsinya. Biji jarak dapat digunakan sebagai obat rematik, hernia serta kanker Rahim.
Perlu  diingat, mengkonsumsi daun jarak dapat memberikan efek keracunan ringan. Maka dari itu sebaiknya anda cukup meminumnya 2 kali sehari apabila benar-benar dibutuhkan.  Keracunan biji jarak menimbulkan ciri-ciri sakit kepala, mual, muntah-muntah.

Lidah Buaya
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Lidah buaya atau Aloe vera adalah jenis tanaman yang banyak dijadikan sebagai campuran bahan kosmetik seperti shampoo dan sebagainya. Manfaat lidah buaya untuk rambut serta kecantikan memang sudah tidak di pungkiri kemujarabannya. Namun tahukah anda bahwa lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai  obat berbagai penyakit. Mengkonsumsi gel lidah buaya secara rutin terbukti dapat menyembuhkan penyakit kanker serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Tanaman Seledri
Seledri adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan masakan. Menurut banyak  penelitian menyebutkan bahwa seledri kaya akan fosfor, kalium dan lain sebagainya. Kandungan tersebut dapat mengobati berbagai penyakit salah satunya adalah asam urat. Namun dalam pemanfaatannya sebagai tanaman obat asam urat. Bagian tanaman yang berguna adalah bijinya, caranya dengan merebus biji seledri dengan air lalu minum airnya.

Pasak Bumi
Pasak bumi adalah tanaman yang banyak tumbuh di tanah Bornea atau pulau Kalimantan. Pasak bumi banyak dibuat sebagai obat herbal kemasan. manfaat utama dari pasak bumi adalah dapat meningkatkan gairah seksual serta meningkatkan kadar testosterone pada tubuh pria. Pasak bumi juga manjur mengobati ejakulasi dini pada pria.

Mengkudu 
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Tanaman herbal selanjutnya adalah mengkudu. Mengkudu adalah tanaman yang kaya manfaat untuk tubuh manusia. Ciri khas dari buah mengkudu adalah aromanya yang kurang sedap. Manfaat mengkudu antara lain sebagai obat jantung coroner, stroke dan lain sebagainya. Selengkapnya dapat dilihat di 1001 manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Temulawak 
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Tanaman temulawak adalah salah satu jenis tanaman obat khas Indonesia yang sudah banyak di kenal dunia. Temulawak memiliki kandungan Kurkumin yang dapat menjadi obat radang serta keracunan pada empedu. Selain itu temulawak dapat membantu mengobati penyakit hepatitis tipe B yang merupakan penyakit pada hati.

Jahe
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Sudah sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu nenek moyang kita sudah memanfaatkan rimpang jahe sebagai obat berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang sangat manjur di obati menggunakan jahe adalah masuk angin, mabuk kendaraan, sakit kepala dan lain-lain. Selain itu juga jahe  dapat menghambat penuaan dini  serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Sambiloto
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Sambiloto atau Andrigrapholide adalah tanaman herbal yang dapat menjaga kesehatan hati. Kandungan senyawa lakton diterpenoid dapat melindungai hati selain itu sambiloto juga menghambat serta memusnahkan sel kanker di dalam tubuh.

Bawang Putih
1200 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Manfaat yang terkandung  di dalam  bawang putih sangatlah banyak sekali. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat diobati dengan mengkonsumsi bawang putih antara lain  batuk, flu,  serta serangan virus pada tubuh.

Itulah tadi telah kita simak beberapa jenis tanaman obat keluarga dan khasiatnya yang mungkin dapat menjadi  referensi dari anda  semua. Sebenarnya tanaman obat sangat banyak  jenisnya yang tidak dapat admin sebutkan di atas. Mungkin di lain kesempatan artikel ini akan admin sambung kembali. Dan untuk sobat yang ingin mendapatkan referensi tentang pelajaran bahasa indonesia sobat dapat membukanya di Bimbelbahasaindonesia.com
Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
26 Maret 2016 pukul 18.42 delete

Ternyata banyak skali ya jenis tanaman yg ada diindonesia.. Hanya sayng blm semua masyarakt mampu memnfaatkannya

Reply
avatar