Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia

Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia
Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia

Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia – Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki verietas terbanyak. Di Indonesia saja terdapat sekitar 5000 jenis anggrek. Tanaman anggrek memang dapat tumbuh subur di Indonesia karena merupakan daerah dengan iklim tropis. Tanaman anggrek mayoritas tumbuh sebagai tumbuhan epifit. Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki keindahan yang berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. sehingga wajar saja pencinta anggrek tersebar di seluruh belahan dunia.

Anggrek memiliki beberapa jenis yang memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi di Indonesia. Bibit anggrek juga saat ini sudah banyak dijual di berbagai tempat. Sehingga memudahkan pecinta tanaman hias untuk membeli dan merawatnya. Namun sebelum anda membeli bunga anggrek baik itu anggrek yang sudah berbunga maupun bibit anggrek kami memiliki rekomendasi jenis anggrek yang patut dibeli karena keindahan dan ke eksotisannya. Ini dia beberapa jenis anggrek yang populer di Indonesia.

Anggrek Bulan (Anggrek Phalaenopsis)

 
Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia
Anggrek Bulan

Anggrek bulan adalah jenis anggrek yang paling populer di Indonesia karena keanggunannya. Anggrek bulan tergolong tanaman anggrek yang sering berbunga. Jenis anggrek yang satu ini juga sangat tahan dengan berbagai kondisi lingkungan. Namun jika menginginkan tanaman anggrek bulan memiliki bunga yang indah maka diperlukan perawatan yang sungguh-sungguh. Anggrek bulan telah banyak di produksi dengan skala besar di dunia, salah satunya di Taiwan. Tanaman anggrek di Taiwan diperbanyak melalui teknik meryclone sehingga memiliki kualitas yang lebih unggul. Selanjutnya anggrek bulan yang diproduksi di Taiwan di ekspor ke banyak Negara di dunia salah satunya di Indonesia.

Anggrek Macan (Grammatophyllum scriptum)

Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia
Anggrek Macan
Anggrek Macan adalah sebutan yang di berikan oleh orang indonesa. Tidak diketahui pasti mengapa tanaman anggrek ini di juluki anggrek macan. Anggrek macan memiliki bunga yang berwarna cokelat keseluruhan tanpa warna lainnya. Jenis anggrek yang satu ini memiliki ketahanan hidup yang cukup baik sama seperti anggrek bulan. Anggrek macan biasanya banyak ditanam dengan pot yang digantungkan di halaman maupun di dinding rumah.

Anggrek Dendrobium

Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia
Anggrek dendrobium
Jenis anggrek selanjutnya adalah jenis anggrek dendrobium. Jenis anggrek ini termasuk salah satu yang banyak di budidayakan di Indonesia. Walaupun anggrek dendrobium memiliki bunga yang indah dengan variasi dan gradiasi warna yang beragam anggrek dendrobium memiliki harga yang terbilang bersahabat dibandingkan jenis anggrek bulan dan jenis lainnya. Anggrek jenis ini tersebar diseluruh hutan tropis di Indonesia. Saat ini anggrek dendrobium banyak diperbanyak dengan perkawinan silang untuk mendapatkan varietas yang lebih baik dan tentunya harga jual yang lebih tinggi.

Anggrek Vanda

Jenis Tanaman Hias Anggrek Terpopuler di Indonesia
Anggrek Vanda


Dari sekian banyak anggrek yang telah saya jelaskan, menurut saya anggrek vanda yang memiliki daya tarik yang sangat tinggi karena keindahan bunganya yang memiliki warna yang indah. Keindahan akan anggrek vanda telah diakui para pencinta tanaman hias baik di Indonesia maupun mancanegara. Dari 40 spesies anggrek vanda yang tersebar di Asia dan Australia, 20 species anggrek vanda terdapat di Indonesia. Sungguh karunia yang tuhan berikan kepada tanah Indonesia. Di Indonesia habitat asli anggrek vanda tersebar dari pulau sumatera, Jawa, hingga Papua.

Baca Juga:

Previous
Next Post »

Post Comment