231 Jenis Pakan Lele dan Cara Pemberianya

231 Jenis Pakan Lele dan Cara Pemberianya – Budidaya ikan lele saat sudah banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Maraknya  budidaya lele yang dilakukan oleh para petani mengindikasikan adanya permintaan pasar yang tinggi untuk komoditi ikan lele. Maka dari itu demi menutup kebutuhan pasar yang cukup tinggi tersebut banyak petani yang beternak ikan lele secara besar-besaran.

Rata-rata peternak lele masih banyak yang belum paham sepenuhnya tentang teknik budidaya  lele. Budidaya lele  Pada dasarnya budidaya lele sama dengan budidaya ikan lainnya hanya saja ada beberapa poin khusus yang perlu diperhatikan salah satunya adalah pakan lele.
231 Jenis Pakan Lele dan Cara Pemberiannya
231 Jenis Pakan Lele dan Cara Pemberiannya
Lele merupakan ikan omnivora yang sangat rakus terhadap makanan. Pemberian pakan ikan lele harus dilakukan dengan sangat tepat agar hasil panen dapat maksimal.  Jenis pakan lele juga harus diperhatikan dalam pengaplikasiannya agar  pertumbuhan ikan lele dapat maksimal.

 

Jenis Pakan Lele

Pelet
Pelet adalah jenis pakan yang satu ini merupakan jenis pakan utama ikan lele. Pakan jenis pelet merupakan produksi pabrik yang sudah melewati  uji kualitas yang sangat ketat. Pelet juga dibedakan dengan berbagai ukuran berdasarkan umur ikan. Bukan hanya itu saja, pelet pabrik juga memiliki kadar protein yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan ikan. 

Ada dua jenis pelet yang berbeda yaitu pelet apung dan tenggelam. Kedua jenis tersebut sama-sama pakan favorit ikan lele.  Namun peternak sebaiknya dapat memilih pelet secara selektif karena saat ini banyak sekali produk pelet yang ada pasaran dengan berbagai kualitas yang ditawarkannya.

Pemilihan pelet harus didasarkan pada umur ikan dan juga kebutuhan protein ikan. Untuk budidaya ikan lele  sebaiknya  terlebih dahulu berikan pakan apung karena kandungan protein relatif lebih tinggi. Sedangkan pelet tenggelam dapat diberikan menjelang masa panen karena jenis pelet ini mengandung protein yang lebih rendah. Baca Juga: Pakan ikan nila termurah Se Asia

Pakan alami
Pakan alami adalah jenis  pakan yang sudah tersedia di alam. Jenis pakan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan ikan lele. Pakan alami antara lain kutu air daphnia dan moina, plankton, cacing sutera, dan lain sebagainnya.

Pakan alami  seperti  cacing sutera sangat baik apabila diterapkan pada pembenihan ikan lele. Benih lele  yang belum dapat mencerna pelet sebaiknya diberikan cacing sutera karena cacing sutera memiliki protein yang tinggi dan mudah dicerna benih ikan lele.

Pakan Tambahan
Pakan tambahan adalah jenis pakan lele yang diberikan untuk menekan penggunaan pelet yang harganya lumayan tinggi. Selain itu pakan tambahan juga digunakan agar lele tidak  jenuh terhadap pelet sebagai pakan utamanya. Pakan tambahan sebaiknya diberikan sekitar 14 hari menjelang masa panen.

Pakan tambahan sangat beragam jenisnya antara lain potongan ikan-ikan kecil  yang telah membusuk, jeroan ayam yang tidak dipergunakan  dan lain sebagainya. Pilihlah pakan tambahan yang mengandung protein  yang tinggi. Hal lain yang harus diperhatikan dalam pemberian pakan adalah kebersihannya. Pastikan pakan tambahan yang diberikan telah dicuci hingga bersih.


Teknik Pemberian Pakan

Cara pemberian pakan pelet apung
Sebelum diberikan ke  ikan sebaiknya pelet apung  dibasahi dengan air terlebih dahulu, caranya basahi pelet dengan cara dimasukan kedalam wadah berupa  ember kecil lalu berikan air secukupnya  dan jangan terlalu banyak. Lalu aduk menggunakan tangan dan dibiarkan selama 30 menit. Selanjutnya  setelah pelet terlihat mengembang dan kenyal, pelet dapat ditebar ke kolam.

Cara pemberian pelet tenggelam
Berbeda dengan pelet apung, pelet tenggelam tidak perlu dibasahi terlebih dahulu seperti pelet apung. Cukup sebarkan langsung pelet ke kolam dengan takaran yang tepat.

Waktu pemberian pakan
Lele merupakan jenis ikan yang rakus. Maka dari itu pemberian pakan sangat baik dilakukan sesering mungkin. Namun idealnya pemberian pakan lele dilakukan dengan frekuensi 5-6 kali sehari.
  • 4 kali sehari : pukul 09.00, 13.00, 17.00, 21.00,
  • 6 kali sehari: pukul  08.00, 12.00, 13.00, 17.00, 20.00, 22.00

Beberapa Larangan Dalam Pemberian Pakan
  1. Sebaiknya berikan pakan lele dengan takaran yang tepat karena pemberian pakan yang berlebihan hanya akan membuat penumpukan pakan ikan di dasar kolam.\
  2. Hindari memberi pakan ketika sedang terjadi hujan.
  3. Hindari pemberian pakan pada pagi hari sekitar jam 05.00-08.00. Pemberian pakan yang terlalu pagi dapat mengakibatkan peradangan insang.

itulah baru kita simak bersama-sama tentang jenis pakan ikan lele dan cara pemberianya.  Mudah bukan? semoga tulisan ini dapat menjadi  referensi untuk anda semua. semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca!!!

Previous
Next Post »

Post Comment