365 Resep Umpan Mancing Jitu Ikan Nila Terbaik se Indonesia

365 Tips Umpan Mancing Jitu Ikan Nila
365 Tips Umpan Mancing Jitu Ikan Nila

365 Tips Umpan Mancing Jitu Ikan Nila – ikan nila merupakan jenis ikan yhang tidak mudah dalam pemberian pakannya. Maka dari itu untuk memancing ikan nila sebetulnya tidak terlalu membutuhkan jenis umpan pancing yang sulit dibuat seperti umpan mancing ikan lele, umpan mancing ikan mujair dan sebagainya. Beberapa resep jitu umpan mancing ikan nila dapat anda simak pada ulasan berikut ini.

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Nila  

Resep Mancing Jitu Ikan Nila 1

Siapkanlah pelet jenis PF-1000  yang banyak di jual toko-toko pakan ternak. Lalu takar pelet sebanyak 200 gram lalu campurkan pada air hangat dan di aduk hingga kalis. Selanjutnya bentuk pelet bulat-bulat hingga adonan habis. Sesuaikan bulatan pelet dengan kapasitas mulut ikan yaitu sebesar biji jagung. Setelah itu umpan sudah siap digunakan.


Resep Mancing Jitu Ikan Nila 2

Umpan mancing jitu satu sebenarnya sudah cukup bagus. Namun biasanya ikan yang hidup di lingkungan tertentu lebih memilih umpan. Apabila umpan 1 tidak manjur anda dapat mempraktikan umpan mancing 2 ini. Caranya siapkan jenis pelet 781-2 SP sebanyak setengah gelas ukuran sedang. Campurkan kapas secukupnya agar adonan umpan tidak pecah nantinya. Selanjutnya aduk kedua bahan tersebut hingga kalis dan bentuk bulatan sebesar biji jagung. Umpan sudah selesai di buat dan siap digunakan.


Umpan Mancing Jitu Ikan Nila 3

Umpan mancing jitu 3 menggunakan campuran kedua bahan utama dari umpan mancing jitu 1 dan 2  yaitu pelet tipe PF-1000 dan pelet 781-2 SP. Tambahkan 1 butir kuning telur dan 2 sendok madu asli. Selanjutnya aduk semua bahan tersebut dengan air hangat secukupnya hingga adonan umpan menjadi kalis. Bentuk bulatan dan umpan siap untuk digunakan.


Umpan Mancing Jitu Ikan Nila 4

Untuk umpan ini tidak jauh berbeda dengan ketiga umpan diatas. Umpan jitu 3 ditambahkan roti rasa keju di dalamnya.  cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan dua jenis pelet tipe PF-1000 dan tipe 781-2 SP masing-masing sebanyak  setengah gelas berukuran sedang. Sedangkan roti rasa keju cukup gunakan 2 bungkus saja. Lalu campurkan dengan 2 sendok madu asli dan 1 buti kuning telur. Setelah semua bahan siap, lalu campurkan air hangat secukupnya dan aduk hingga rata lalu bentuk bulatan-bulatan. Setelah itu umpan sudah siap untuk digunakan.

Cara Penerapan Umpan

Ikan nila merupakan jenis ikan yang selalu bergerombol. Apabila anda ingin memancing ikan nila di alam bebas seperti di kali, danau dan sebagainya maka cara ini dapat sangat manjur  untuk diterapkan.

Beberapa cara tersebut antara lain:

  1. Siapkan pelet udang secukupnya. Pelet udang dapat dibeli di toko peternakan. 
  2. Setelah itu tebarkan pelet udang ke lokasi yang menjadi target mancing anda. pastikan anda menebar pelet pada satu titik.  Hal ini bertujuan agar ikan nila dapat berkumpul di lokasi tempat tebaran pelet udang tadi. 
  3. Kenali tanda-tanda bahwa ikan sudah berkumpul. Tanda-tanda ikan nila sudah berkumpul yakni terdapat gelembung-gelembung udara yang muncul ke permukaan. 
  4. Apabila terdapat tanda-tanda tersebut maka siapkan pancing anda karena ikan sudah siap untuk di pancing.

Cara ini tidak untuk digunakan di pemancingan karena biasanya tidak dianjurkan oleh pemilik kolam pemancingan untuk menggunakan cara ini.

Itulah Beberapa resep umpan mancing jitu ikan nila yang dapat anda terapkan dengan mudah. semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca!
Previous
Next Post »

Post Comment