75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal dan Pemenang Kontes

75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal - Kepopuleran ikan louhan dimulai sejak awal tahun 2000an terutama di Indonesia. Dahulu hampir di setiap rumah pasti memelihara ikan lohan baik yang memang pehobi ikan hias maupun yang hanya sekedar ikut-ikutan saja. 

Sekarang pun ikan lohan masih sangat populer, namun bedanya sekarang orang yang memelihara ikan louhan rata-rata adalah pehobi ikan hias. Ikan lohan memiliki benjolan dikepalanya yang besarnya berbeda-beda tergantung dari jenis dan keturunannya.
Baca Juga: Jenis Ikan Hias Termahal Seantero Dunia

Saat ini mungkin orang sudah jarang melihat ikan louhan. Meskipun begitu, sebenarnya ketersediaan ikan louhan masih banyak tersedia di pasaran dan harganya pun cenderung stabil. Bahkan ada beberapa jenis diantaranya yang mencapai harga jutaan rupiah.
Ikan louhan merupakan ikan hias air tawar yang sangat sering di ikutkan kontes ikan. Di Indonesia pun sudah sangat banyak kontes ikan hias di adakan dari yang skala daerah hingga nasional. Biasanya ikan hias yang memenangi kontes harganya akan melejit dan banyak orang yang siap untuk membelinya. Begitu ikan louhan, banyak kontes ikan louhan yang di adakan di Indonesia saat ini. Untuk mengenal beberapa jenis ikan louhan unggulan, simak ulasan jenis ikan louhan di bawah ini.
Baca Juga: Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

Jenis-jenis ikan louhan Termahal

Ikan Louhan Golden Red
75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Jenis  ikan louhan ini merupakan satu di antara yang termahal di dunia. Ikan louhan golden red berasal dari Thailand. Ciri khasnya terletak pada warnanya yang memiliki perpaduan antara merah dan kuning keemasan. Ikan golden red sewaktu kecil tidak langsung memiliki perpaduan warna merah dan kuning di tubuhnya. Melainkan harus mengalami beberapa mutasi (pergantian kulit) terlebih dahulu hingga membentuk warna sempurna.
Ikan louhan golden red merupakan satu diantara yang termahal di dunia. Ditaksir harga ikan louhan ini berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekornya.

Ikan Louhan Cencu

75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Ikan louhan cencu dahulu merupakan satu dari beberapa jenis ikan louhan yang banyak di pelihara. Namun berbedanya dahulu belum banyak orang yang mengenal jenisnya. ikan louhan cencu mempunyai nama lain yaitu ikan mutiara karena pada tubuhnya ada bintik-bintik putih ke abu-abuan seperti mutiara.

Terdapat dua jenis dari ikan lohan cencu yakni jenis klasik dan modern. Cencu klasik memiliki memiliki warna yang dominan merah dengan bintik mutiara yang tidak sebanyak ikan louhan cencu modern. Sedangkan ikan louhan cencu modern memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada saudaranya itu. Ikan louhan cencu ini memiliki harga kisaran 300 – 2 juta rupiah.

Ikan Louhan Kamfa

75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Ikan louhan kamfa adalah jenis ikan louhan yang masih populer hingga saat ini. Ciri-ciri khas dari ikan louhan kamfa terletak pada bentuk sirip atas yang lebih lebar dari sirip lainnya. selain itu ikan louhan kamfa memiliki marking di kepala dan badannya sebagai tanda khas dari ikan ini. Ikan louhan kamfa di pasaran dihargai sekitar 300 – 2 juta rupiah per ekornya.

Ikan Louhan Red Texas

75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Ikan louhan red texas merupakan salah satu ikan louhan terindah meenurut banyak pecinta ikan hias. Ikan ini adalah hasil persilangan dari jenis golden red dan golden red. Pertama kali ikan louhan super red texas ditemukan di Thailand oleh para pembudidaya ikan louhan disana. Ikan ini sudah banyak di ekspor ke berbagai Negara sehingga saat ini sudah banyak Negara yang mengembangkan ikan louhan jenis ini. Di pasaran ikan louhan jenis ini ditaksir mencapai harga jutaan rupiah untuk unggulannya.

Ikan Louhan Super Red Synspillum

75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Selanjutnya masih membahas tentang jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand. Ikan Louhan Super Red Synspillum pertama kali ditemukan di Thailand lewat perkawinan silang. Ikan ini merupakan jenis ikan louhan yang mirip sekali dengan ikan louhan kamfa maka dari itu ikan louhan jenis ini sangat menarik minat banyak pecinta ikan hias. Ikan louhan super red synspillum ditaksir memiliki harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekornya.

Ikan Louhan Strom
75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Jenis ikan louhan
asal Thailand selanjutnya adalah ikan louhan strom. Jenis ikan louhan strom dapat dikenali dengan melihat marking horizontal pada tubuhnya dan bintik-bintik mutiaranya yang besar. ikan louhan jenis ini merupakan jenis yang baru ditemukan. Ikan louhan strom ditaksir memiliki harga ratusan ribu hingga 1 juta rupiah.

Ikan Louhan Rainbow King

75 Jenis Ikan Louhan Terbaik dan Termahal

Ikan Louhan yang satu ini merupakan yang paling spesial di antara jenis ikan louhan lainnya. ikan louhan rainbow king merupakan ikan louhan yang banyak digemari para pecinta ikan hias karena keunikannya. Ikan louhan ini merupakan pemenang kontes internasional yang belum lama di adakan di eropa. Semenjak saat itu ikan louhan rainbow king sangat populer di kalangan para pecinta ikan hias. Ikan ini ditaksir memiliki harga jutaan rupiah per ekornya.

Itulah tadi beberapa jenis ikan louhan terbaik dan termahal yang mungkin dapat anda jadikan referensi dalam memilih jenis ikan louhan yang akan di pelihara. Apabila artikel ini bermanfaat mohon bagikan kerekan-rekan anda dan terimakasih telah membaca!!!
Previous
Next Post »

Post Comment