Daun Dewa | Mengenal Manfaat dan Khasiatnya untuk Kesehatan


Daun Dewa | Mengenal Manfaat dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Daun Dewa | Mengenal Manfaat dan Khasiatnya untuk Kesehatan – Mungkin belum banyak orang yang tahu apa itu Daun Dewa, Sebetulnya Daun Dewa sudah sejak lama dikenal hanya saja baru beberapa tahun belakangan manfaat daun dewa baru dikenal masyarakat luas.

Daun dewa atau dalam bahasa latinnya Gynura divaricata adalah tanaman daun yang memiliki batang tegak dengan tinggi maksimal 40 cm. Daunnya pendek dan berbentuk segi lima lonjong dan terdapat bulu di sisi luarnya.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah  dengan ketinggian antara 200 hingga 800 m dpl. Teknik perkembangbiakan yang banyak digunakan orang yaitu dengan menggunakan stek batang dan umbi. Daun dewa saat ini sudah banyak ditanam di beberapa wilayah di Indonesia untuk berbagai kebutuhan salah satunya untuk kesehatan. Daun dewa banyak digunakan sebagai obat herbal karena kandunganya yang memiliki berbagai manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sesuai dengan namanya bagian tanaman yang digunakan untuk herbal adalah pada bagian daunnya. Daun Dewa mengandung berbagai senyawa penting untuk kesehatan manusia antara lain flavonoid, saponin, tanin, polifenol, asam klorogenat, asam p-kuimarat, sterol, vitamin k dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui berbagai manfaat daun dewa untuk kesehatan mari kita simak ulasan singkat di bawah ini:
Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan


Manfaat Daun Dewa

1.  Mengobati Kanker
 Manfaat yang cukup terkenal dari tanaman yang satu ini adalah sebagai obat alternatf untuk mengobati penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya sehingga tidak heran banyak orang yang khawatir dengan penyakit yang satu ini. Daun dewa memiliki sifat sitotastik yang sangat berguna sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi daun dewa secara rutin dalam bentuk air rebusan yang dicampur dengan temu putih dan jombang.

2.  Mengobati Stroke
Selain kanker, salah satu penyakit berbahaya lainnya adalah stroke. Stroke saat ini sudah menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia karena sudah sangat banyak jiwa yang terenggut akibat penyakit yang satu ini. Apabila kerabat, saudara, hingga keluarga ada yang terserang stroke maka sarankanlah untuk mengkonsumsi daun dewa.

Daun dewa merupakan salah satu obat herbal yang sangat ampuh untuk mengobati stroke. Caranya sangat mudah dengan minum ramuan daun dewa yang berasal dari umbi tanaman daun dewa dan ditambahkan dengan beberapa butir biji ginko jangan lupa tambahkan sedikit madu sebagai penghilang rasa pahit.

3.  Mengobati Diabetes
Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang diakibatkan karena peningkatan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Diabetes dibedakan menjadi dua yaitu diabetes kering dan diabetes basah. Kedua jenis tersebut sama-sama berbahaya hanya saja diabetes basah lebih diunggulkan dalam tingkat keparahannya karena dapat menimbulkan amputasi akibat luka yang tidak mengering jika si penderita diabetes memiliki luka.

Daun dewa memiliki manfaat untuk mengobati diabetes, caranya hanya dengan menkonsumsi air rebusan daun dewa setiap satu hari sekali secara rutin hingga terasa ada perubahan. Daun dewa memiliki sifat hipoglikemin yaitu sifat yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah hingga ketitik normal.

4.  Mengobati Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia saat ini. Penyebab timbulnya penyakit jantung yang paling utama adalah pola hidup serta pola makan yang sembarangan. Nah, untuk menghindari serta meminimalisirkan timbulnya penyakit jantung dapat dengan mengkonsumsi daun dewa secara rutin serta di imbangi dengan pengaturan pola makan dan pola hidup serta istirahat yang baik. Olahraga rutin juga sangat bermanfaat untuk meminimalisirkan resiko timbulnya penyakit pembunuh nomor satu ini.

5.  Menurunkan Demam
Demam yang tinggi apalagi pada anak-anak sangat mengkhawatirkan bagi orang tua. Apalagi untuk orang tua yang belum berpengalaman. Apabila anda atau anak anda mengalami demam alangkah baiknya diobati dengan menggunakan daun dewa dengan cara menumbuh daun dewa dan campurkan sedikit arak lalu diminum. Dalam penggunaannya sebaiknya hati-hati, jangan berikan kepada anak yang masih balita dan jangan berikan kepada ibu hamil.

6.  Mengatasi Gangguan Haid
Terkadang tidak sedikit wanita yang memiliki fase menstruasi yang tidak teratur. Maka dari itu saat ini banyak sekali macam-macam obat herbal yang dibuat dalam berbagai merek dan kemasan  hasil pabrik. Nah, daripada anda repot-repot membeli produk tersebut, anda dapat mencoba menggunakan daun dewa sebagai pengobatan alternatifnya. Caranya minum air rebusan daun dewa secara rutin paling tidak satu hari sekali saat sekiranya datang bulan akan tiba.

Itulah baru saja kita simak ulasan singkat tentang Daun Dewa dan mengenal manfaat daun dewa untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih telah membaca!!!


Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
14 Mei 2016 pukul 21.24 delete

bagus sekali semoga bermanfaat

Reply
avatar