Mengenal 230 Manfaat dan Khasiat Teh Hijau


Mengenal 230 Manfaat dan Khasiat Teh Hijau
Manfaat dan Khasiat Teh Hijau

Manfaat dan Khasiat Teh Hijau – Teh hijau (Camellia sinensis) merupakan jenis teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya oksidasi. Teh hijau juga merupakan sebutan untuk seduhan teh yang dibuat dengan menyeduh daun teh langsung dari tanaman teh.

Teh hijau merupakan minuman sehat yang berasal dari jepang dan sudah diketahui manfaatnya ribuan tahun lalu. Tradisi upacara minum teh di Jepang sudah mendarah daging sejak dahulu hingga sekarang. Maka dari itu saat ini teh hijau sudah  sangat populer karena berbagai manfaatnya untuk kesehatan manusia.

Kepopuleran teh hijau sebenarnya bukan hanya di Jepang, di beberapa Negara seperti Taiwan, Hongkong, Cina, dan berbagai Negara di timur tengah pun sudah mengenal sejak lama tentang teh hijau. Teh hijau dianggap sebagai asupan yang baik serta mampu menangkal berbagai macam penyakit.

Saat ini sudah banyak sekali produk teh hijau yang beredar di pasaran. Hal tersebut membuktikan bahwa teh hijau memang merupakan salah satu minuman sehat yang dapat dijadikan kebiasaan seperti halnya minum kopi. Meskipun sudah sejak dahulu ditemukan, namun baru beberapa tahun belakan teh hijau sangat populer di seluruh dunia.

Menurut penelitian berbagai ahli menyatakan bahwa  orang yang meminum teh hijau secara rutin akan memiliki resiko rendah terkena penyakit jantung dan kanker. Kandungan seperti flavonoid yang terdapat di dalam teh hijau memiliki sifat antioksidatif dan anti kasiogenik  yang dapat menangkal  datangnya berbagai penyakit tersebut.
Baca Juga: Manfaat Menakjubkan dari Daun Binahong

Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan, maka ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan yang terdapat dalam teh hijau.


Kandungan Gizi Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya antara lain:

Polifenol, flavonol, karbohidrat, pectin, alkaloid, klorofil, protein, asam organik, resin, Vitamin C, K, A B1 dan B2.  Selain itu cukup banyak mineral yang terkandung di dalam teh hijau seperti kalium, magnesium, flour, natrium, kalsium, seng, mangan dan cuprum. Sedangkan enzim yang terdapat di dalam teh hijau antara lain invertase, amylase, oximetilase, b-glukosidase, Peroksidase dan protease.
Baca Juga: Luar Biasa! inilah Sejuta Manfaat Daun Sirsak

 

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan


Menurunkan Berat Badan
Berat badan yang berlebihan merupakan masalah banyak orang yang hingga saat ini sangat sulit teratasi. Obesitas timbul karena pola hidup serta pola makan yang buruk sehingga mengakibatkan penimbunan lemak di tubuh secara berlebihan. Obesitas sebenarnya merupakan awal dari datangnya berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit jantung yang merupakan beberapa penyakit paling berbahaya di dunia dengan tingkat kematian yang sangat tinggi.

Maka dari itu sangat dibutuhkan antioksidan alami  yang berguna untuk menangkal datangnya berbagai penyakit tersebut serta menurunkan berat badan. Teh hijau dapat menjadi solusi yang sangat baik karena seperti telah disebutkan teh hijau memiliki sifat anti oksidatif dan anti kasiogenik.

Dengan meminum teh hijau secara rutin 2 kali sehari maka secara perlahan bobot tubuh akan menyusut karena terjadinya pembakaran lemak yang lebih cepat. Untuk perubahan yang lebih maksimal, sangat disarankan untuk melakukan olahraga dan juga program pola makan yang sehat.

Menurunkan Kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya stroke hingga serangan jantung. Kandungan tanin dalam teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dengan cepat. Tanin akan menekan kolesterol jahat ke sistem pencernaan sebelum diserap oleh tubuh.

Untuk mendapatkan perubahan yang positif, minum teh hijau dengan cara diseduh tanpa menggunakan kantong celup. Teh hijau dapat diminum secara rutin 2-3 kali sehari.

Mengobati Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya yang diakibatkan tingginya kadar gula dalam darah.  Diabetes tipe 2 dapat diobati dengan menggunakan teh hijau. Sifat antioksidatif dalam teh hijau dapat menghambat sekresi enzim a-glukosidase yang akan memperlambat penyerapan gula dalam darah. Dengan begitu darah akan dikelola dengan sedikit kandungann insulin.

Bukan hanya itu teh hijau juga dapat digunakan sebagai minuman sehat yang mampu meningkatkan toleransi glukosa pada darah untuk orang sehat.

Mencegah dan Mengobati Arithis (Rematik)
Rematik merupakan gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan penderitanya kesulitan bergerak karena kerusakan tulang. Teh hijau dapat mellindungi tulang dari produksi enzim kemokin yang dapat menyebarkan peradangan di dalam tubuh. Selain itu teh hijau akan membantu meningkatkan kekuatan pada  tulang rawan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh
Kandungan flavonoid dan polifenol di dalam teh hijau  mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Selain itu Vitamin C yang cukup tinggi pada teh hijau mampu memberikan perlindungan ekstra dari serangan penyakit karena Vitamin C merupakan salah satu antioksidan terbaik.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada manusia setelah usia lanjut. Kita ketahui bahwa tulang mengalami penurunan kepadatan secara  terus menerus dan pelahan ketika seseorang telah menginjak usia 40 tahun.

Osteoporosis akan memeberikan dampak yang sangat buruk jika tidak diatasi sejak dini. Kandungan fluoride yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan menghindari timbulnya osteoporosis. Untuk itu sangat dianjurkan sekali mengkonsumsi teh hijau sesering mungkin dan sedini mungkin.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat teh hijau yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda. sebenarnya masih banyak manfaat teh hijau lainnya yang belum disebutkan diatas. Untuk itu, lain kali admin akan melanjutkan tentang manfaat lainnya dari teh hijau secara mendetil untuk sobat seputarpertanian. Bagikan artikel ini kerekan anda agar lebih bermanfaat.
Terimakasih telah membaca!!!


Previous
Next Post »

Post Comment