129 Umpan mancing Jitu Ikan Gabus di Sungai dan Rawa Terbaik

129 Umpan mancing Jitu Ikan Gabus di Sungai dan Rawa Terbaik

129 Umpan mancing Jitu Ikan Gabus di Sungai Terbaik - Ikan gabus adalah salah satu ikan predator yang sangat sulit untuk ditaklukan oleh para pemancing karena ikan yang satu ini memiliki perlawanan yang sangat kuat ketika sudah terkena mata pancing dan jika tak siap maka ikan ini dapat lolos dengan mudah. Banyak pemancing yang penasaran untuk menaklukan ikan ini karena perlawanannya yang tidak biasa. Ikan ini banyak terdapat di rawa, danau, sungai dan parit. 

Ikan gabus sangat menyukai tempat yang rindang dan sangat tak menyukai tempat yang terpapar sinar matahari. Oleh karena itu ketika anda memutuskan memnacing ikan ini pada siang hari maka anda dapat mencari ikan ini pada penggiran sungai, rawa dan tak jarang ikan ini masuk kedalam lumpur untuk berlindung dari sengatan cahaya matahari. 

Memancing ikan gabus cukup berbeda dengan mancing jenis ikan lainnya seperti ikan mas, nila, gurame dan sebagainya, karena ikan ini adalah ikan predator maka anda juga harus menyesuaikannya dengan cara anda memancing baik itu dari perlengkapan pancing dan umpan yang akan digunakan. 

Persiapan Sebelum Memancing Ikan Gabus

Adapun hal yang harus dipersiapkan sebelum memancing ikan ini antara lain:
  1. Waktu terbaik untuk memancing ikan gabus adalah pagi dan sore hari. Jika pada pagi hari, matahari belum terlalu panas sehingga ikan kemungkinan besar belum mencari tempat persembunyian dan sedangkan untuk sore hari, ikan akan mulai keluar untuk mencari makan setelah bersembunyi dari panas matahari. Namun waktu yang paling baik adalah sore hari ketika ikan sudah mulai mencari makan.
  2. Jikalau anda ingin menggunakan umpan tiruan untuk casting, hal itu sah-sah saja. Hanya saja anda harus terlebih dulu mengerti cara menggerakan umpan agar lebih terlihat hidup dan dapat menarik perhatian ikan gabus untuk memakannya. 
  3. Ikan gabus merupakan ikan yang cukup peka dengan suara-suara yang menurutnya asing. Sehingga ketika mancing usahakan jangan membuat kegaduhan agar ikan tak terkejut dan lari.
  4. Gunakan senar yang kuat yang dapat anda beli di toko pancing. Gunakan pancing yang mampu menahan beban hingga 20 kg.
  5. Joran jenis fast tapper sangat mendukung untuk menopang perlawanan dari ikan gabus karena jika menggunakan joran biasa resikonya dapat merusak joran karena perlawanan yang cukup liar dari ikan gabus.
  6. Jangan berpatokan bahwa anda akan mendapatkan ikan besar, oleh karenanya bawalah mata kail ukuran sedang dan kecil untuk mengantisipasi jika ikan besar tak anda dapatkan maka ganti dengan menggunakan mata kail yang lebih kecil agar ikan buruan tetap didapatkan.

Umpan Mancing Jitu Ikan Gabus

Untuk memancing ikan gabus umpan yang digunakan adalah umpan alami karena ikan ini adalah ikan predator yang kurang tertarik jika diberikan umpan buatan. Adapun umpan alami yang ampuh untuk memancing ikan gabus antara lain:

1. Cacing Tanah
Sebenarnya cacing tanah cukup umum dikalangan pemancing khususnya pemancing disungai. Ikan gabus merupakan ikan predator yang tak segan-segan memakan ikan-ikan kecil dan binatang-binatang kecil di habitatnya. Oleh karena itu, bau amis yang dikeluarkan dari cacing sangat berguna untuk untuk menarik perhatian ikan gabus untuk memakannya.

2. Belalang
Belalang juga ternyata cukup ampuh untuk memancing ikan gabus. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengaitkan mata kail dari bagian ekor belalang sehingga seakan-akan belalang hanya tenggelam ke air. Umpan ini terbukti sangat ampuh menarik perhatian ikan gabus untuk memangsanya.

3. Ulat Daun Pisang
Ulat daun pisang sangatlah mudah didapatkan. Ulat ini bersembunyi pada daun pisang yang terlipat membulat. Ulat daun pisang memiliki warna putih dan ukurannya relatif dari kecil hingga besar. Sebaiknya ketika akan menggunakan umpan ini, ulat tak perlu dipotong, cukup biarkan dalam keadaan utuh. 

4. Jangkrik
Jangkrik dapat digunakan untuk umpan mancing ikan gabus yang sudah terbukti keampuhannya. Mendapatkan jangkrik pun cukup mudah, anda hanya tinggal membelinya di toko pakan ternak di pasar dan harganya pun cukup terjangkau. Cara penggunaannya anda hanya harus mengaitkan mata kail pada bagian ekor jangkrik.

5. Ikan Kecil
Ikan kecil sangat ampuh digunakan untunk memancing ikan gabus. Jenis ikan kecil yang biasa digunakan seperti jenis ikan wader. Ikan wader yang ingin digunakan sebagai umpan sebaiknya masih dalam keadaan hidup lalu kaitkan kail pancing pada bagian punggungnya agar ikan masih dapat berenang.

6. Katak kecil
Katak kecil atau yang biasa disebut dengan percil sangatlah ampuh jika digunakan sebagai umpan predator seperti ikan gabus. Katak kecil dapat dicari di pinggiran sungai. Cara menggunakannya sama dengan umpan lainnya yaitu dengan mengaitkan bagian ekornya dengan mata kail dan usahakan percil masih hidup sehingga ketika dilemparkan ke air percil akan meloncat dan bergerak-gerak sehingga akan menarik perhatian ikan gabus.

Itulah tadi baru kita simak bersama-sama artikel tentang 129 Umpan mancing Jitu Ikan Gabus di Sungai dan Rawa Terbaik yang telah rinci admin sajikan untuk sobat semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses! Salam mancing mania!
Previous
Next Post »

Post Comment