Panduan Budidaya dan Menanam Tanaman Hias Daun Puring Terbaru

Panduan Budidaya dan Menanam Tanaman Hias Daun Puring Terbaru

Panduan Budidaya Tanaman Hias Daun Puring Terbaru - Tanaman hias daun puring merupakan salah satu tanaman hias daun yang saat ini sedang populer. Warna serta corak daunnya membuat banyak orang tergoda untuk menanam tanaman hias yang satu ini di pekarangan rumah. Selain itu tanaman hias daun puring juga merupakan tanaman hias yang murah meriah, harganya berkisar antara 5 ribu hingga 100 ribu rupiah. 

Menanam tanaman hias daun puring sebenarnya cukuplah mudah, hanya saja untuk yang belum memahami caranya maka menanam tanaman yang satu ini akan terasa sulit. Maka dari itu pada perjumpaan kali ini admin akan memberikan tips tentang budidaya tanaman hias daun puring. Mari lihat penjelasannya di bawah ini.

Budidaya Tanaman Hias Daun Puring

Sama halnya tanaman hias daun lainnya, tanaman hias daun puring juga membutuhkan teknik yang tepat dalam menanamnya serta membudidayakannya agar hasilnya dapat memuaskan. Adapun langkah-langkah budidaya tanaman hias daun puring antara lain sebagai berikut:

1.   Persiapan Media Tanam
Media tanam yang digunakan untuk tanaman yang satu ini adalah campuran pasir, sekam, humus, serta pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1 atau 1:2:1:1. Komposisi juga dapat dibuat sesuai selera anda. Setelah bahan tersebut disiapkan maka langkah selanjutnya adalah mengaduknya menjadi satu lalu masukan ke dalam pot. Sedikit saran, pilihllah pot yang memiliki nilai estetika agar tanaman puring dapat terlihat lebih cantik.

2.   Perbanyak Tanaman
Perbanyakan tanaman puring bisa dilakukan dengan cara vegetatif maupun generatif. Perbanyakan secara vegetatif melalui biji dinilai tidak efektif karena membutuhkan waktu yang lama dan hasilnya pun kurang memuaskan karena tidak sama dengan induknya. 

Pembudidaya pada umumnya mengunakan teknik stek untuk memperbanyak tanaman hias daun puring. Teknik stek dinilai lebih efektif dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu hasilnya bisa menyerupai indukan yang distek. Melakukan perbanyakan tanaman puring dengan stek terbilang cukup mudah. Pertama-tama anda harus menyiapkan beberapa peralatan antara lain, gunting, pisau, tali plasti, dan penutup plastik.

Pertama-tama pilihlah batang yang sudah berusia lumayan tua untuk dijadikan indukan. Selanjutnya potong batang menggunakan pisau yang tajam. Lalu rendam kedalam air yang telah dicampur dengan obat perangsang tumbuh selama 15 menit. Selanjutnya olesi luka potongan pada indukan dengan menggunakan fungisida untuk menghindari infeksi yang diakibatkan oleh jamur.

Langkah berikutnya adalah meletakan potongan tadi pada media tanam yang telah disiapkan lalu tutup menggunakan plastik untuk mengurangi penguapan. Tanaman yang baru distek diharapkan diletakan pada tempat yang teduh dan tidak terpapar cahaya matahari langsung.

3.   Perawatan
Tanaman hias daun puring ini sangat membutuhkan air agar pertumbuhannya tidak bermasalah. Tanaman ini membutuhkan air yang cukup banyak pada musim kemarau karena cuacanya panas. Oleh karena itu anda dapat menyiram tanaman daun puring pada pagi dan sore hari. Namun ketika musim hujan anda dapat menyiramnya pada pagi hari saja.

Setelah tanaman berumur 1 bulan maka anda dapat meletakannya di bawah sinar matahari agar corak dan warna daunnya cepat keluar. Namun apabila tanaman ini tidak diletakan pada tempat yang terjangkau matahari maka warna daunnya hanya akan berwarna hijau.

Apabila sudah terdapat batang-batang yang kurang berguna maka anda dapat memangkasnya agar pertumbuhan terfokus pada beberapa cabang saja supaya daun pada cabang yang difokuskan dapat memiliki corak dan warna yang maksimal. 

Itulah tadi artikel tentang Panduan Budidaya dan Menanam Tanaman Hias Daun Puring. Bagaimana? apakah anda tertarik untuk menanamnya dirumah? Semoga berhasil dan bersabarlah untuk hasil yang memuaskan.
Previous
Next Post »

Post Comment