Tips Praktis, Buah Mangga Bisa di tanam di Pot

Menanam Mangga di Pot - Siapa bilang pohon manga tidak bisa di tanam di pot. Saat ini semakin banyak cara-cara praktis yang di kembangkan oleh banyak orang pehobi maupun peneliti demi mendapatkan cara yang paling mudah dalam budidaya tanaman buah. Baru-baru ini cara menanam buah di pot memang mulai populer di masyarakat.

Tips Praktis, Buah Mangga Bisa di tanam di Pot
Tips Praktis, Buah Mangga Bisa di tanam di Pot

Cara menanam buah di pot merupakan solusi bagi orang-orang yang tidak memiliki pekarangan yang luas untuk menanam tanaman buah. Berbagai jenis tanaman buah dapat di tanam di pot seperti buah manga, buah naga, buah pepaya, buah anggur, buah pisang dan sebagainya. Nah pada ulasan kali ini seputarpertanian akan menyajikan informasi penting tentang bagaimana cara menanam manga di pot dengan teknis yang semudah mungkin. Mari kita simak ulasan berikut ini.
Baca Juga: 201 Jenis Tanaman Buah dalam Pot Beserta Gambarnya


Cara Menanam Mangga di Pot

Persiapan bibit mangga
Pemilihan serta persiapan bibit mangga sangatlah penting karena akan menentukan keberhasilan nantinya. Disarankan memilih jenis bibit mangga manalagi atau harum manis. Kedua jenis mangga tersebut merupakan jenis mangga yang paling unggul dan cepat berbuah. Bibit mangga banyak tersedia dan dapat di beli di toko bibit buah. Beli dan pilihlah bibit mangga hasil cangkokan maupun okulasi hal tersebut bertujuan agar pohon mangga lebih cepat berbuah nantinya.
Cara Mudah Menanam Anggur di Pot

Persiapan media tanam
Tanaman buah mangga dapat tumbuh subur pada jenis tanah yang memiliki kandungan unsur hara di dalamnya. Namun untuk menanam mangga di pot maka anda harus menyediakan unsur hara tersebut untuk tanaman nantinya. Media tanam yang digunakan adalah tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. 

Apabila pot belum memiliki lubang atau lubang yang tersedia masih kurang, buatlah lubang pada pot sebanyak 5-6 buah pada bagian bawahnya dengan diameter 2 cm. pembuatan lubang bertujuan agar proses penyiraman dapat merata keseluruh bagian akar tanaman tanpa harus akar tanaman terendam air terlalu lama. Hal tersebut akan mengakibatkan akar tanaman membusuk.

Setelah itu berikan pecahan batu bata dan serbuk kayu gergaji pada dasar pot agar memperlancar laju air apabila terjadi hujan dan penyiraman tanaman. Selanjutnya masukan ketiga campuran media tanam tadi yang telah diaduk rata keatas pecahan batu bata dan serbuk kayu hingga pot terisi penuh.

Cara menanam tanaman buah mangga di pot
Buatlah lubang tanam di pot dengan kedalaman hingga ¾ bagian tinggi pot. Setelah itu masukan bibit tersebut dan pendam kembali dengan tanah. untuk bibit hasil okulasi, pastikan bekas okulasi tidak ikut tertimbun tanah usahakan bekas okulasi berada pada ketinggian 10 cm dari permukaan tanah pot. Setelah bibit ditanam, siramlah bibit dengan air secukupnya hingga tanah terlihat basah. Hal ini bertujuan agar ketersediaan air untuk akar terpenuhi.

Penyiraman tanaman
Bukan hanya buah mangga, semua jenis tanaman buah dirasa membutuhkan air agar tanaman cepat berbuah. Ketika bibit baru ditanam, usahakan bibit mangga selalu disiram paling tidak pada pagi dan sore  hari. Lakukan penyiraman cukup hingga daerah sekitar tanaman terlihat basah dan hindari penggenangan air yang berlebihan pada daerah sekitar tanaman.

Pemupukan tanaman 
Pemberian pupuk bertujuan tidak lain agar tanaman cepat berbuah. Berikan pupuk organik ketika tanaman telah berumur 3 bulan. Pemupukan dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan dosis pupuk menyesuaikan. Anda juga dapat memberikan zat perangsang buah tanaman.


Berikut tadi telah kita simak tips praktis menanam mangga di pot. Cara ini sangat bersahabat untuk anda yang tidak memiliki lahan pekarangan yang luas. Selain mudah, menanam mangga di pot lebih mudah perawatannya ketimbang mangga yang di tanam di tanah pekarangan. 
Previous
Next Post »

Post Comment