Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Ganas | Ikan Oscar

Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Ganas Ikan Oscar - Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tergolong tidak ramah dengan ikan lainnya. Ikan yang satu ini sangat agresif bila di gabungkan dalam satu wadah aquarium karena ikan oscar sangat menjaga daerah teritorialnya. Ikan oscar memiliki nama ilmiah Astronontus ocellatus dan hanya dapat ditemui di perairan tropis.

Sangat jarang orang ingin memelihara ikan yang satu ini karena ikan oscar tidak memiliki keindahan seperti ikan koi, ikan arwana dan jenis lainnya. Ikan oscar hanya menawarkan gigi-giginya yang runcing kepada pemiliknya. Namun tahhukah anda, ikan oscar sangat menyadari keberadaan pemiliknya hal ini dapat dilihat dari tingkah dan prilaku ikan oscar ketika pemiliknya datang maka ikan oscar akan menggelengkan kepalanya selain itu juga bisa menggoyangkan ekornya.

Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Ganas | Ikan Oscar
Oscar Fish
Ikan oscar termasuk jenis ikan yang sulit di budidayakan karena ikan ini terbilang cukup ganas meskipun dengan ikan oscar betina. Pembudidayaan ikan oscar hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian khusus dalam merawat ikan oscar dan didukung dengan ilmu yang cukup. Ikan oscar di alam bebas maupun diakuarium dapat mencapai umur maksimum antara 10 - 12 tahun.


Jenis Ikan Oscar

Pada dasarnya terdapat 3 jenis ikan oscar yang telah diketahui antara lain adalah Tiger Oscar, Red Oscar, dan Albino Oscar.

1.   Tiger Oscar
Jenis tiger oscar merupakan jenis ikan oscar yang paling banyak ditemui dari jenis lainnya. Tiger oscar merupakan jenis ikan oscar asli dengan warna tubuhnya yang identik dengan warna merah dan oranye serta memiliki warna dasar hitam maupun abu-abu.

2.   Red Oscar
Sesuai dengan namanya, red oscar merupakan jenis ikan oscar yang memiliki warna dominan merah pada tubuhnya. Jenis yang satu ini banyak diperjual-belikan dipasaran namun saat ini keberadaannya sudah mulai sulit ditemui karena para pembudidaya sudah jarang yang membudidayakan ikan oscar.

3.   Albino Oscar
Ikan oscar albino merupakan jenis ikan oscar yang sulit ditemui. Ikan oscar albino memiliki warna merah dan oranye serta warna dasar putih namun umumnya Albino Oscar memiliki warna dominan putih.

Tips Merawat Ikan Oscar

Beberapa tips untuk anda yang tertarik memelihara ikan oscar, sebagai berikut:

  • Sediakan aquarium yang cukup besar untuk ikan oscar karena ikan oscar dapat mencapai panjang hingga 40 - 50  cm.
  • Jaga suhu air akuarium pada kisaran angka 22 - 26 derajat celcius. jangan letakan akuarium pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  • Jaga kebersihan air dengan menggunakan filter yang banyak dijual di toko akuarium namun sesuaikan filter dengan kapasitas akuarium yang besar.
  • Letakan batu-batuan pada akuarium sebagai tempat ikan oscar bersembunyi.
  • Gantilah air akuarium paling tidak 2 minggu sekali.
  • Berikan makanan berupa ikan-ikan kecil dan juga vitamin secara rutin untuk menjaga kesehatan ikan oscar anda.

Itulah baru kita simak artikel tentang Ikan Hias Air Tawar Aquarium yang Ganas, Ikan Oscar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang warna-warni ikan hias dan mungkin anda tertarik untuk memeliharanya?
Previous
Next Post »

Post Comment