Tips Sehat Resep Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri



Tips Sehat Resep Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri – Susu kedelai adalah jenis susu nabati yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia. Susu kedelai selain harganya yang lebih terjangkau ketimbang susu sapi, susu kedelai juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan susu sapi. Saat ini susu kedelai sudah banyak di produksi oleh usaha rumahan dari skala kecil hingga menengah. Varian rasa kedelai pun saat ini sudah sangat banyak sehingga lebih menarik minat banyak orang dari anak kecil hingga orang tua sekalipun. Walaupun produk susu kedelai sudah banyak beredar di pasaran namun belum banyak yang terdaftar pada B-POM. Hal tersebut jelas saja membuat keraguan masyarakat akan kualitasnya. Kebersihan dan kehigienisan produk juga menjadi kekhawatiran masyarakat.

Tips Sehat Resep Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri
Tips Sehat Resep Cara Membuat Susu Kedelai Sendiri
Namun jangan khawatir untuk anda para penggemar susu kedelai. Pada perjumpaan kali ini admin akan memberikan resep dan cara membuat susu kedelai sendiri dirumah. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan kebersihan susu kedelai yang anda buat sendiri. Begitu juga anda dapat menambahkan varian rasa sesuai keinginan anda maupun keluarga anda. Langsung saja mari kita simak langkah-langkah cara membuat susu kedelai sendiri dirumah.


1.   Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan biji kacang kedelai yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan susu kedelai. Pilihlah biji kedelai yang berkualitas baik. Jika ada, belilah kedelai organik yang kualitasnya memang lebih baik ketimbang kedelai biasa walaupun harganya sedikit lebih mahal. Setelah kedelai  di dapatkan, cuci bersih biji kedelai hingga benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Selanjutnya bilas berulang kali menggunakan air agar lebih bersih lalu rendam biji kedelai dengan air bersih selama satu malam. Keesokan harinya akan didapatkan biji kedelai yang lebih besar dan empuk. Lalu bersihkan kedelai dari kulit ari yang  masih menempel pada biji kedelai.



2.    Setelah proses diatas telah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya adalah menghaluskan biji kedelai dengan menggunakan blender, jika tidak memiliki blender bisa ditumbuk. Lalu campurkan kedelai dan air dengan perbandingan 1:3 yaitu 1 mangkuk kedelai untuk 3 mangkuk air. Lalu blender hingga halus. Selanjutnya kedelai yang telah di blender diperas dengan menggunakan kain halus untuk mendapatkan sarinya saja, untuk ampasnya bisa dibuang atau untuk makan ternak. Pemerasan dilakukan hingga sari kedelai keluar dengan maksimal.


3.    Selanjutnya adalah proses perebusan, perebusan dilakukan hingga rebusan sari kedelai mendidih. Ketika proses perebusan usahakan agar sari kedelai diaduk terus hingga mendidih. Hal tersebut dilakukan agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang akibat proses perebusan. Selanjutnya tambahkan gula dan garam secukupnya saja agar rasa langu pada kedelai dapat hilang. Selanjutnya anda bisa menambahkan perasa tambahan seperti cokelat, strawberry dan lain-lain tergantung kesukaan anda. Setelah mendidih susu kedelai diamkan sejenak.


4.   Susu kedelai yang telah matang lebih nikmat di konsumsi dalam keadaan hangat. Namun untuk 
anda yang menginginkan dalam keadaan dingin,susu kedelai dapat di masukkan ke lemari pendingin terlebih dahulu.


Itulah tips mudah untuk membuat susu kedelai sendiri. Dengan membuat susu kedelai sendiri di rumah, kesehatan anda dan sekeluarga dapat lebih terjaga. Varian rasa juga dapat anda tambahkan sesuai keinginan anda. Susu kedelai selain lebih terjangkau harganya, jelas memiliki manfaat yang tidak kalah dengan susu hewani. Untuk itu cukupi kebutuhan nutrisi tubuh anda dan keluarga dengan susu kedelai. Selamat mencoba di rumah sobat!!!
Terimakasih telah membaca!!


Baca Juga:

Previous
Next Post »

Post Comment