Apa Itu Daun Binahong? Kenali Manfaat dan Khasiatnya

Manfaat dan Khasiat Daun Binahong - Binahong (Bassela rubra linn) adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini merupakan jenis tanaman herbal yang banyak digunakan berbagai kalangan untuk mengobati berbagai penyakit. Sejatinya, tanaman binahong sudah sejak lama tumbuh di Indonesia, namun baru beberapa tahun belakangan tanaman ini mulai terkenal karena manfaatnya yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Daun binahong pertama kali digunakan sebagai obat-obatan di Negara Cina dan Korea. Tanaman ini dahulu digunakan untuk mengobati jenis luka luar. Daun binahong memiliki kandungan yang dapat mempercepat kesembuhan pada luka luar.

Alangkah baiknya sebelum mengetahui berbagai manfaat daun binahong alangkah baiknya jika mengetahui  kandungannya terlebih dahulu.
Daun Binahong

 

Kandungan Daun Binahong

Beberapa kandungan daun binahong yang berguna menyembuhkan berbagai penyakit antara lain adalah Saponin, Antioksidan dan Alkoloid.

Saponin berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan dapat pula memeberi kesehatan jantung. Manfaat tersebut yang membuat daun binahong dikenal banyak orang karena tidak banyak tanaman herbal yang dapat mengobati penyakit jantung.

Zat antioksidan merupakan salah satu yang terpenting dari kandungan daun binahong. Antioksidan berperan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh seperti virus, bakteri dan sebagainya.

Sedangkan alkaloid merupakan kandungan yang sangat baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Alkoloid memiliki sifat hipoglikemik yang berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Baca Juga: Manfaat Menakjubkan dari Daun Sirsak


Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Salah satu cara paling ampuh untuk mengobati berbagai penyakit dengan dun binahong adalah dengan cara merebusnya dan air hasil rebusan dapat diminum. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan rebusan air binahong antara lain:

  1. Batuk darah
  2. Penyakit paru-paru
  3. Mencegah stroke
  4. Mengobati rematik
  5. Mengurangi sakit kepala
  6. Hidung mimisan
  7. Gangguan pada sistem pencernaan
  8. Infeksi usus
  9. Mengobati gatal-gatal
  10. Ambien
  11. Mempercepat kesembuhan luka luar
  12. Meringankan sesak nafas
  13. Menetralkan tekanan darah


Khasiat Binahong untuk Kesehatan Kulit

Selain digunakan untuk pengobatan penyakit dalam, daun binahong juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk kesehatan kulit. Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk daun binahong hingga halus lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Beberapa jenis gangguan kulit yang dapat diobati dengan daun binahong adalah
  1. Mengurangi jerawat
  2. Menyembuhkan gatal-gatal pada kulit
  3. Menghilangkan panu
  4. Mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit wajah
  5. Menyembuhkan memar

Efek Samping Daun Binahong

Daun binahong memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Namun dibalik manfaatnya tersebut daun binahong memiliki beberapa efek samping dari penggunaannya. Sebenarnya efek  samping daun binahong juga dimiliki berbagai jenis tanaman herbal lainnya.
Baca Juga: Inilah Khasiat Tersembunyi dari Bunga Sedap Malam

Ramuan herbal dari daun binahong memiliki kandungan efedrin  yang biasa dikenal dengan ephedra. Kandungan tersebut sangat erat hubungannya dengan serangan jantung, gangguan otot,, stroke  kejang dan sebagainya.

Maka dari itu semua obat herbal yang mengandung efedrin di dalamnya harus digunakan dengan sangat hati-hati dan harus dalam pengawasan pihak medis  karena apabila salah dalam menggunakannya akan mengakibatkan hal yang tidak diharapkan seperti pusing, gelisah, insomnia, mual, muntah  dan jantung berdebar.

Sebaiknya jangan gunakan ramuan daun binahong bersamaan dengan penggunaan kafein karena kafein juga merupakan zat stimulant yang sama dengan binahong. Apabila digunakan dalam waktu yang berdekatan akan menimbulkan ancaman yang fatal  hingga kematian. Sumber kafein seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari apabilla sedang mengkonnsumsi daun binahong.

Selain itu untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi daun binahong karena dapat mengakibatkan rasa nyeri pada dada dan lebih parahnya lagi akan mengakibatkan gangguan pada hati.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari daun binahong yang perlu anda ketahui. Semoga  artikel ini dapat membantu anda dalam menemukan informasi yang akurat. Bagikan artikel ini ke rekan-rekan anda yang membutuhkan agar lebih bermanfaat. Apa bila ada kekurangan admin mohon maaf dan terimakasih telah membaca!!!


Previous
Next Post »

Post Comment